Solusi

Lingkungan

Pencemaran air, tanah dan udara baik yang bersumber dari limbah domestik maupun limbah industri, menjadi faktor utama kerusakan lingkungan. Pemantauan kualitas lingkungan sangat penting untuk dilakukan dalam rangka memastikan tingkat pencemaran masih dalam ambang batas yang telah ditetapkan. Penggunaan Online monitoring (onlimo) / Smart Water Monitoring System, pada instalasi pengolahan limbah, mampu memberikan data hasil uji secara real-time sehingga dapat dilakukan proses automasi dalam rangka melakukan treatment pengolahan air limbah dalam batas aman baku mutu yang ditetapkan.  

Laboratorium uji lingkungan berperan dalam memberikan data hasil uji yang valid dan terpercaya. Penerapan ISO 17025 adalah bukti bahwa laboratorium telah menerapkan sistem manajemen mutu yang baik dalam rangka menghasilkan hasil uji yang bermutu dan terpercaya. Penggunaan sistem informasi manajemen laboratorium / Laboratory Information Management System (LIMS) sesuai syarat ISO 17025, dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, kualitas, produktivitas serta efisiensi kerja di laboratorium. Setiap industri wajib menerapkan ISO 14001, sebagai syarat dan bukti bahwa industri tersebut telah menerapkan sistem manajemen lingkungan dalam aktivitas dan prosesnya, sehingga dihasilkan suatu produk yang aman serta terjaga kelestarian lingkungan sekitarnya. Pelatihan ISO 14001 sangat penting agar setiap karyawan dapat memahami dan menerapkan dengan baik di industrinya masing-masing.


Pertanian

Indonesia adalah negeri kepulauan tropis di garis khatulistiwa. Dianugerahi tanah vulkanik yang subur dan lautan yang luas, menghasilkan beragam produk perkebunan, pertanian dan perikanan. Produk unggulan pertanian Indonesia diantaranya; CPO, kopi, cokelat, kelapa, rempah dan buah. Lahan pertanian yang semakin terbatas, intensifikasi pertanian adalah solusi dalam rangka meningkatkan produktivitas dan efisiensi lahan pertanian. Penerapan Precision Farming / IoT for Smart Agriculture di perkebunan kelapa sawit terbukti mampu memberikan banyak manfaat, diantaranya:

  • Efisiensi penggunaan pupuk.
  • Perhitungan potensi panen yang akurat.
  • Pencegahan terhadap hama dan penyakit tanaman.
  • Meningkatkan panen buah berkualitas / mencegah overprooning.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi CPO.
  • Sistem pengawasan cuaca dan pencemaran udara terpadu.  

Penggunaan sistem informasi manajemen laboratorium / Laboratory Information Management System (LIMS) sesuai syarat ISO 17025, dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, kualitas, produktivitas serta efisiensi kerja di laboratorium.


Pertambangan

Kebutuhan akan mineral semakin tinggi seiring meningkatnya industri transportasi listrik, battery, konstruksi, advanced material, dan emas sebagai penguat nilai tukar mata uang. Indonesia adalah negara penting yang memiliki kekayaan sumber daya mineral tersebut, diantaranya: Nikel, Kobal, Timah, Tembaga, Aluminium, Besi, dan Emas. 

Beberapa industri pertambangan saat ini sudah menerapkan digitalisasi dan automasi menggunakan online analyzer (Gamma-ray/ X-ray/ NIR/ Raman) dalam monitoring proses, sehingga banyak mengurangi penggunaan instrumen analitik berbasis spektroskopi di laboratorium mineral. 

Pelatihan berbasis kompetensi seperti: Smart Mining-Lab, instrument (AAS, XRF, XRD), Manajemen Laboratorium (ISO 17025) dan sebagainya,  sangat bermanfaat dalam rangka meningkatkan kompetensi dan produktivitas kerja di laboratorium.

Penggunaan sistem informasi manajemen laboratorium / Laboratory Information Management System (LIMS) sesuai syarat ISO 17025, dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, kualitas, produktivitas serta efisiensi kerja di laboratorium.


Energi


Penelitian


Pendidikan

Pasca pandemi, sistem pendidikan telah banyak terdisrupsi. Setiap lembaga pendidikan diharuskan bertransormasi dengan menerapkan Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIMS) untuk mendukung dilaksanakannya proses belajar mengajar secara online, maupun mendigitalisasikan modul ajar, administrasi maupun proses komunikasi antar departemen.